Apa Penyebab Jam Tangan Berembun dan Cara Ampuh Menghilangkan Jam Tangan Berembun

Jam tangan yang terkena air, baik yang secara tidak sengaja ataupun air hujan, biasanya menyebabkan permukaan bagian dalamnya menjadi berembun. Embun ini pun hilangnya akan lama jika kamu biarkan. Ternyata ada lho, cara mudah untuk menghilangkan embun yang masuk dalam jam tanganmu. Tidak mau kan, jam tangan kesayanganmu jadi terlihat kotor karena embun? Yuk, ketahui Apa penyebab jam tangan berembun dan cara ampuh menghilangkan jam tangan berembun dan tampak terlihat seperti semula!

Apa penyebab jam tangan berembun?

Jam tangan berembun memang memiliki penyebab yang beragam. Selain mengetahui cara menghilangkan embun di jam tangan, ada baiknya kamu juga tahu berbagai penyebab terjadinya jam tangan berembun, supaya kamu bisa mencegah hal ini terjadi. Ada tiga penyebab jam tangan berembun, antara lain:

Kehujanan

Di musim hujan seperti sekarang, kamu tidak bisa memprediksi kapan hujan turun. Jika cuaca sudah cukup mendung, ada baiknya untuk langsung menyimpan jam tangan.

Kepanasan

Tak hanya air hujan yang bisa membuat jam tangan berembun, tapi kepanasan juga bisa menjadi salah satu penyebab. Embun akan timbul ketika ada uap air yang masuk dan terperangkap di dalam jam tangan. Makanya kehujanan akan menjadi faktor utama yang membuat jam tangan berembun.

Tapi biasanya perubahan suhu yang signifikan juga bisa menimbulkan embun. Jika jam tangan terbiasa untuk disimpan pada suhu ruangan yang cukup dingin, lalu tiba-tiba kamu pakai untuk ke tempat dengan cuaca panas, tak menutup kemungkinan embun bisa langsung muncul pada jam tangan wanita tersebut.

Terendam

Memang sih, berbagai jam tangan wanita dihadirkan dengan fitur water resistant. Tapi tak semua jam tangan wanita dengan fitur tersebut memiliki kekuatan yang sama. Ada beberapa jam tangan wanita yang mampu bertahan di air dalam waktu 4 jam, 8 jam, hingga 10 jam. Jika lebih lama, tentu saja embun bisa timbul pada jam tangan tersebut.

Berikut cara ampuh menghilangkan jam tangan berembun

Jangan anggap remeh, jam tangan perlu dirawat dengan hati-hati supaya tetap awet dan tahan lama. Salah satunya adalah dengan tidak membiarkan jam tangan dalam kondisi basah atau berembun. Nah, ada beberapa trik khusus supaya jam tangan berembun bisa teratasi, cek ulasannya lebih lanjut di sini.

1. Rice cooker salah satu cara mengatasi jam tangan berembun

Ketika jam tangan yang biasa kamu pakai sehari – hari berembun, ingat rice cooker bisa menjadi salah satu cara menghilangkan embun pada jam tangan tersebut. Caranya mudah ketika jam tangan terkena air, langsung letakkan jam tangan di atas rice cooker.

Yang perlu diingat adalah bagian bawah jam tangan harus menjadi bagian yang menyentuh rice cooker. Hawa panas yang keluar dari rice cooker perlahan – lahan akan menghilangkan embun yang ada pada bagian kaca dari jam tangan.

2. Nyalakan satu batang lilin

Jika kamu punya lilin batang di rumah, hal ini juga bisa menjadi salah satu jurus terjitu untuk mengatasi jam tangan berembun. Caranya menyalakan satu lilin, lalu letakkan bagian bawah jam tangan kamu di dekat lilin. Diamkan hingga kurang lebih satu menit, embun – embun yang ada pada kaca jam tangan dijamin tak akan kembali lagi.

3. Lampu juga bisa jadi cara ampuh lho!

Ketika kamu malas untuk menggunakan rice cooker atau lilin dengan bentuk batang, ada cara yang lebih simpel lagi. Untuk menghilangkan embun yang ada pada jam tangan, kamu bisa menggunakan lampu. Tidak percaya?

Kamu bisa mencoba dengan cara meletakkan jam tangan tepat di bawah sinar lampu. Kamu bisa menggunakan lampu yang ada di meja kamarmu agar lebih mudah. Diamkan selama kurang lebih 1 hingga 2 menit. Jika sudah merasa cukup, ambil jam tangan lalu bersihkan jam menggunakan tisu kering.

4. Kubur di dalam beras!

Cara mudah lainnya kamu bisa mencoba menggunakan beras sebagai cara menghilangkan embun di jam tangan kesayanganmu. Siapkan satu mangkuk beras, kemudian “kubur” atau rendam jam tangan berembun tersebut di dalamnya kurang lebih selama 30 menit.

Meskipun lama dijamin embun pada bagian kaca bisa langsung hilang dalam sekejap. Setelah merendamnya jangan lupa untuk membersihkan permukaan jam tangan menggunakan lap kering secara perlahan. Gosokkan yang terlalu kencang dan menekan bisa membuat permukaan jam tangan menjadi rusak karena goresan.

5. Bungkus jam tangan menggunakan handuk

Salah satu penyebab jam tangan berembun adalah kehujanan. Yup, di musim hujan seperti sekarang pasti jam tangan rawan banget nih, untuk jadi berembun. Nah, kamu bisa menghilangkan embun tersebut dengan membungkus jam tangan menggunakan handuk.

Siapkan handuk kering yang bersih. Lalu bungkus jam tangan dengan posisi bagian belakang jam tangan menghadap ke bawah. Simpan handuk tersebut di tempat dengan udara terbuka, sebisa mungkin lokasi yang akan terkena paparan sinar matahari, ya.

6. Hair dryer juga bisa untuk menghilangkan embun di jam tangan

Kamu punya hair dryer di rumah? Kamu bisa pakai barang tersebut sebagai cara menghilangkan embun di jam tangan. Caranya mudah, atur panas hair dryer dengan suhu yang paling rendah, lalu mulai keringkan jam tangan kamu. Tapi ingat, jangan mengeringkannya terlalu dekat ya, setidaknya berikan jarak 15 sentimeter. Terlalu dekat pun bisa merusak jam tangan, lho.

7. Keringkan jam tangan menggunakan silica gel

Tahu silica gel yang biasanya terdiri dari butir-butir di dalam sebuah kantong? Nah, silica gel memiliki kegunaan menyerap lembab pada tas, sepatu, hingga pakaianmu. Kamu juga bisa mengaplikasikannya untuk mengeringkan jam tangan yang berembun.

Caranya simpan jam tangan di dalam satu kotak kering, lalu diamkan bersama dengan silica gel. Cek kembali keesokan harinya, embun dijamin hilang!

8. Jemur di bawah sinar matahari

Kalau jam tangan tiba-tiba berembun, kamu tak perlu bingung untuk menghilangkannya. Ada berbagai cara menghilangkan embun pada jam tangan yang bisa kamu coba, termasuk cara dalam poin ini yang tergolong mudah. Kamu tidak membutuhkan peralatan khusus untuk menghilangkan embun pada jam tangan.

Kamu hanya perlu menjemur jam tangan tersebut di bawah paparan sinar matahari. Tapi ingat untuk menjemurnya di tempat yang aman ya. Kamu hanya perlu menjemur jam tangan kurang lebih sekitar 5 menit. Setelah dijemur, jangan lupa bersihkan kembali jam tangan jika ada debu-debu yang menempel dari area luar.

9. Buka kaca pada jam tangan berembun

Cara menghilangkan embun di jam tangan yang satu ini agak sulit, nih. Apalagi jam tangan wanita biasanya kurang mudah untuk dibuka kacanya. Tapi cara ini memang sangat ampuh untuk menghilangkan embun pada jam tangan dengan cepat.

Kamu mungkin bisa berkunjung ke tempat jam tangan lalu meminta sang ahli untuk membukakan bagian kaca pada jam tangan berembun. Setelah terbuka, kamu bisa mengelap bagian dalam kaca tersebut menggunakan kapas atau kain lembut.

10. Laptop juga bisa kamu manfaatkan!

Kamu pasti tahu, laptop ketika menyala dan sedang digunakan biasanya akan mengeluarkan hawa panas pada bagian sisi laptop tersebut. Kamu bisa menaruh jam tangan berembun di sisi laptop yang mengeluarkan udara panas lalu diamkan.

Cara menghilangkan embun pada jam tangan yang satu ini memang terbilang kurang efisien. Karena akan memakan waktu yang lebih lama. Tapi tetap efektif kok, untuk menghilangkan embun pada jam tangan wanita.

11. Es batu di dalam kulkas juga bisa membantu

Memang jam tangan berembun biasanya terjadi karena basah atau lembab. Tapi bukan berarti cara menghilangkan embun pada jam tangan tersebut harus selalu menggunakan sesuatu yang memiliki hawa panas. Contohnya cara ini, kamu bisa mencoba memanfaatkan es batu yang ada di dalam kulkas.

Langkah pertama, kamu bisa membersihkan jam tangan terlebih dahulu menggunakan kain bersih. Masukkan jam tangan ke dalam lemari es, dekat dengan es batu. Diamkan selama dua jam.

Jika sudah, kamu bisa mengeluarkannya dan diamkan pada suhu normal. Bersihkan sisa-sisa air dengan menggunakan kain lembut. Dijamin ampuh!

12. Gunakan telapak tanganmu sendiri

Tanpa perlu langkah yang ribet, kamu bisa menghilangkan embun pada jam tangan tersebut menggunakan telapak tanganmu sendiri. Tapi memang cara menghilangkan embun di jam tangan yang satu ini sepertinya kurang efektif, tapi patut lho untuk dicoba!

Kamu harus mengecek apakah telapak tanganmu sedang memiliki hawa yang panas atau dingin. Ketika telapak tanganmu sedang terasa panas karena udara yang panas, kamu harus membongkar bagian muka dari jam tangan. Lalu tempelkan telapak tangan pada jam tangan wanita tersebut dan diamkan selama tiga menit.

13. Didiamkan saja embun juga pasti hilang

Bila kamu tak ingin repot dan sedang tidak ada waktu untuk mengaplikasikan cara menghilangkan embun di jam tangan pada jam tangan berembun, kamu bisa mendiamkan jam tangan tersebut saja. Diamkan jam tangan untuk beberapa waktu di tempat yang tidak lembab. Dijamin embun akan hilang dengan sendirinya tanpa kamu sadari.

14. Lakukan pembersihan

Cara menghilangkan embun di jam tangan yang satu ini sekaligus menjadi cara agar jam tangan tidak lagi berembun. Sebaiknya kamu menjadwalkan pembersihan bagian dalam jam tangan secara rutin. Kamu juga bisa melakukan pergantian bagian mesin jam tangan, agar embun tak kembali lagi.

15. Hilangkan embun menggunakan kipas angin

Punya kipas angin di rumah? Kamu juga bisa menggunakan kipas angin sebagai alat untuk cara menghilangkan embun pada jam tangan, lho. Caranya, kamu tinggal menyalakan kipas angin lalu atur dengan kecepatan yang paling tinggi. Tinggal dekatkan jam tangan wanita tersebut pada kipas angin, dan diamkan selama 1 menit.

16. Selain kipas angin, kamu juga bisa menggunakan AC!

Air conditioner memang menjadi pendingin ruangan yang ampuh dimana pun. Selain kipas angin, AC juga bisa menjadi salah satu alat mengatasi jam tangan berembun. Caranya hampir sama dengan penggunaan kipas angin, kamu tinggal mendekatkan jam tangan ke AC. Ingat untuk memfokuskan arah angin dari AC ya!

17. Bongkar bagian belakang jam tangan

Selain membuka kaca dari jam tangan berembun, kamu juga bisa membuka bagian belakang dari jam tangan berembun tersebut. Biasanya pada bagian belakang jam tangan, terdapat sekrup kecil yang bisa dibuka menggunakan obeng.

Kamu bisa membongkar jam tangan menggunakan obeng yang sesuai dengan sekrup kecil tersebut. Setelah terbongkar, kamu bisa menjemur jam tangan berembun tersebut deh!

18. Atasi jam tangan berembun dengan menguburnya dalam pasir kucing 

Sama seperti perlakuan saat mengubur jam tangan dalam beras, kamu juga bisa mencoba mengubur jam tangan yang berembun di dalam pasir kucing. Tapi perlu diingat, kamu harus menggunakan pasir kucing yang masih belum dipakai agar kondisinya tetap kering dan tidak lembab.

Pastikan jam tanganmu sudah benar-benar terendam dalam pasir kucing tersebut. Tunggu hingga semalaman sampai kondisi jam tanganmu dalam keadaan kering.

19. Uap air panas

Jam tangan yang mengembun butuh perubahan suhu yang signifikan agar kondisinya kembali normal. Tapi bukan berarti kamu meletakkan jam tanganmu di rendaman air panas.

Caranya, merebus air panas selama 10-15 menit lalu angkat rebusan dan diamkan selama 5 menit hingga uap panasnya tidak terlalu mendidih. Barulah kamu angin-anginkan jam tangan di atas uap air panas. Bisa juga menggunakan teko yang berisi air panas. Namun cara ini kurang efektif dan terlalu berisiko untuk merek jam tangan yang berkualitas premium.

20. Letakkan di sekitar perapian 

Saat melakukan camping, kondisi jam tangan berembun tidak bisa terhindarkan apalagi ketika ada perubahan cuaca cukup drastis di area pegunungan. Nah, kamu bisa memanfaatkan perapian atau api unggun yang biasa dibuat saat camping.

Pastikan kamu berada di posisi yang tepat saat mengeringkan jam tangan berembun. Letakkan posisi jam yang tidak terlalu berjauhan tetapi cukup bisa memberikan efek panas terhadap jam tangan. Embun pada bagian kaca jam tangan pun lambat laun akan menghilang.

Jadi, sudah tahu kan sekarang penyebab jam tangan berembun dan cara ampuh menghilangkan embun di jam tangan? Selamat mencoba, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *